This Blog

Blog ini berisi artikel-artikel yang menurut saya menarik untuk diketahui oleh pembaca. Artikel dalam blog ini berasal dari berbagai sumber di internet.

1/05/2011

Led Zeppelin, Ada Pesan Misterius Dalam Lagu Mereka

Led Zeppelin
Led Zeppelin
Nama Led Zeppelin mungkin sudah tak asing lagi buat mereka yang gemar musik rock. Diakui atau tidak, Led Zeppelin memang jadi sumber inspirasi buat band-band rock yang muncul sesudahnya. Bukan cuma itu saja namun keempat personil Led Zeppelin juga sering jadi tokoh panutan para musisi generasi setelah mereka. Ada satu rumor yang tak pernah mati soal band yang satu ini. Konon dalam salah satu lagu mereka ada pesan tersembunyi yang digunakan band ini untuk memuja setan.
Kalau diurut ke belakang, rumor ini sebenarnya sudah berumur sangat tua. Rumor ini bahkan sudah ada sejak sekitar tahun 1970-an. Banyak yang bilang kalau Anda memutar lagu Stairway to Heaven secara terbalik maka Anda akan mendengarkan ‘pesan untuk setan’ yang ada dalam lagu ini. Dari sekian banyak versi ‘pesan untuk setan’, salah satu yang paling populer adalah
 

if there's a bustle in your hedgerow
don't be alarmed now
It's just a spring clean for the May Queen
Yes there are two paths you can go by
but in the long run
there's still time to change the road you're on

(diputar secara normal)


“Oh here’s to my sweet Satan.
The one whose little path would make me sad,
whose power is Satan. He’ll give you 666.
There was a little toolshed where he
made us suffer, sad Satan.”.
(diputar secara terbalik)



Awalnya Led Zeppelin tak menghiraukan tuduhan ini meski akhirnya mau tak mau kuping mereka panas juga. Robert Plant, sang vokalis bahkan pernah membuat pernyataan yang mengatakan, “Menempatkan pesan dalam lagu yang bisa didengar pada saat pita kaset diputar terbalik sama sekali tidak masuk hitungan saya dalam membuat musik.”
Terlepas dari benar atau tidak, nyatanya Stairway to Heaven yang ada dalam album IV ini adalah salah satu masterpiece band asal Inggris ini. Album yang dilepas tahun 1971 ini terjual tak kurang dari 23 juta keping dan menduduki peringkat ketiga album paling laris sampai saat ini. Total penjualan semua album Led Zeppelin sendiri diperkirakan mencapai angka sekitar 300 juta keping di seluruh dunia. Malahan tahun 2005 lalu, Stairway to Heaven sempat disebut sebagai lagu dengan solo gitar terbaik sepanjang masa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rank